Sabtu, 23 September 2017

Giring Nidji : Singkawang Cermin Kebhinekaan Indonesia

id Giring, nidji, singkawang
Giring Nidji : Singkawang Cermin Kebhinekaan Indonesia
Pendiri Kincir.com, Giring "Nidji" Ganesha, saat peluncuran program Koleksi Idola di Jakarta, Senin (22/6/2015). (ANTARA News/Monalisa) (-)


Pontianak (Antara Kalbar) - Vocalis grup Band Nidji, Giring Ganesha mengagumi kebhinekaan masyarakat Kota Singkawang sehingga terlihat sangat harmonis, meski terdiri atas berbagai suku dan agama.

"Saya melihat, masyarakat Kota Singkawang sangat harmonis. Disinilah kelihatan Kebhinekaan Tunggal Ika, meski berbeda, namun masyarakatnya dapat hidup berdampingan satu sama lain tanpa melihat perbedaan tersebut," kata Giring, saat menghadiri acara Penyerahan Buku #BukuUntukIndonesia yang diadakan oleh Bank Central Asia (BCA) di SDN 65 Kota Singkawang, Selasa.

Dirinya pun merasa bangga menjadi bagian dari Indonesia. "Sebab di sini saya melihat Pancasila sangat terasa dan luar biasa. Saya bangga akan itu," ujarnya.

Diungkapkan dia, perbedaan dan keberagaman memang tak akan pernah terpisahkan dari negara Indonesia. Berbagai suku, ras dan agama ada di negeri ini.

"Dari perbedaan tersebutlah yang memberikan warna dan kehidupam untuk negara ini," ungkapnya.

Dari keberagaman itu juga, negara ini dapat terbangun dan berdiri tegak hingga saat ini. Tak hanya itu, perbedaan tersebut juga bukan alasan untuk sesama warga Indonesia sehingga menjadi terpecah belah.

"Melainkan menjadi satu untuk Indonesia Raya," tuturnya.

Di Singkawang, katanya, berbagai suku dan agama ada. Namun yang disalutkan dari pelantun lagu "Hapus Aku" ini, meski berbeda-beda masyarakat Singkawang dapat hidup bergandengan tanpa melihat perbedaan, bahkan akur dan saling memahami satu sama lainnya.

"Baik itu Tionghoanya dan suku-suku lainnya ada disini. Tak ada perbedaaan, mereka menjadi satu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Saya benar-benar terharu," jelasnya.

Dia juga mengakui akan keramahan masyarakat Kota Singkawang. "Saya disambut dengan senyuman yang begitu ramah, ini merupakan sesuatu yang tak ternilai bagi saya untuk masyarakat Kota Singkawang," katanya.
*

Editor: Teguh Imam Wibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0256 seconds memory usage: 0.45 MB