Jumat, 18 Agustus 2017

"Pajak Bertutur" Tanamkan Sejak Dini Sadar Pajak

id sadar pajak, pajak
Pontianak (Antara Kalbar) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pontianak menggelar "Pajak Bertutur" di sejumlah sekolah di Pontianak sebagai bentuk upaya menanam dan melahirkan generasi emas yang sadar pentingnya pajak.

"Pajak bertutur ini serentak dilakukan secara nasional tidak terlepas di Pontianak. Untuk kita menyasar pelajar dari tingkat SD hingga SMA. Sedangkan Kanwil DJP Kalbar sendiri ke perguruan tinggi," ujar Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pontianak, Nurbaeti Munawaroh saat ikut juga hadir dalam kegiatan tersebut, Jumat.

Nurbaeti memaparkan program pajak bertutur adalah bagian dari inklusi kesadaran pajak .

"Yang jelas apa yang dilakukan juga selaras dengan masuknya pendidikan pajak dalam kurikulum di sekolah," paparnya.

Ia menambahkan tujuan dari inklusi kesadaran pajak ke dalam dunia pendidikan sendiri adalah untuk memberikan edukasi sejak dini kepada masyarakat khususnya kepada anak didik berkaitan dengan pajak, apa itu pajak dan manfaatnya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sehingga dalam jangka panjang dapat mencetak generasi emas sadar pajak. Hal tersebut penting dilakukan mengingat pos pendapatan pada APBN dalam beberapa tahun terakhir lebih dari 75 bersumber bersumber dari pajak. Sementara di lain pihak penerimaan pajak juga dalam beberapa tahun terakhir tidak pernah memenuhi harapan,: katanya.

Menurutnya KPP Pratama Pontianak sendiri untuk program pajak bertutur dilakukan pada lima lokasi yaitu SD Negeri 03 Pontianak, SMP Negeri 3 Pontianak, SMA Negeri 3 Pontianak, SMA Negeri 1 Pontianak, SMK Negeri 1 Pontianak, dengan total peserta 288 anak didik.

"Materi yang disampaikan kepada anak didik telah disesuaikan dengan tingkat pendidikan masing-masing dan tentu saja dikemas secara menarik baik melalui video interaktif maupun kuis," paparnya.

Ia berharap melalui kegiatan yang ada generasi emas pada masa mendatang akan lebih paham dan sadar dari pentingnya taat dan membayar pajak.

"Besar harapan kita juga agar semua pihak untuk menggaungkan inklusi kesadaran pajak. Sehingga dalam jangka panjang dapat mencetak generasi emas sadar pajak," harapnya.


(U.KR-DDI/N005)

Editor: Andilala

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0087 seconds memory usage: 0.34 MB