Sabtu, 23 September 2017

Angkutan Laut Diminta Koordinasi dengan BMKG

id Ketapang, cuaca, kapolres Ketapang
Angkutan Laut Diminta Koordinasi dengan BMKG
Kapolres Ketapang AKBP Sunario (John)
Ketapang (Antara Kalbar) - Pengelola transportasi laut berupa angkutan kapal di Kabupaten Ketapang, agar selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG untuk memastikan keamanan cuaca dalam pelayaran menjelang mudik Idul Fitri nanti.

Permintaan tersebut disampaikan Kapolres Ketapang AKBP Sunario mengingat kondisi cuaca di perairan laut Karimata dan sekitarnya kadang kurang bersahabat bagi pelayaran kapal-kapal rakyat yang rute tujuanya ke pulau.

Menurutnya, kondisi cuaca di wilayah perairan Kalimantan Barat khususnya Ketapang dan Kayong Utara kadang kala kurang bersahabat dan kerap berubah -ubah. "Dengan ketinggian gelombang laut mencapai satu hingga satu setengah  meter yang dimana disertai hujan dan angin kencang," kata dia di Ketapang, Selasa.

"Maka dari itu, untuk mengantipasi kecelakaan laut yang bisa membahayakan keselamatan para penumpang kapal, pengelola angkutan kapal dan petugas Syahbandar di pelabuhan agar tidak memberangkatkan kapal jika pihak BMKG menyatakan cuaca kurang bersahabat," ujarnya.

Kapal-kapal yang memuat pemudik Lebaran hanya bisa diberangkatkan, jika BKMG menyatakan kondisi cuaca di laut aman bagi pelayaran, jika tidak, kapal pemudik jangan diizinkan berangkat begitu juga kapal pengangkut sembako.

Kapolres berharap para pemudik dari Ketapang yang ingin menggunakan jasa transportasi angkutan laut dapat berhati-hati dan memahami faktor keselamatan, karena kebijakan itu semata-mata untuk menjaga keselamatan bagi para penumpang yang mudik Lebaran.

Editor: Teguh Imam Wibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0112 seconds memory usage: 0.45 MB