Sabtu, 22 Juli 2017

Survei: Ukuran Bulu Penting untuk Cari Pasangan

id urung merak, ukuran bulu, cari pasangan, fauna
Survei: Ukuran Bulu Penting untuk Cari Pasangan
ilustrasi (istimewa)
Austin, Texas (Antara Kalbar) - Ukuran dan lebar bulu merak menarik tatapan pejantan yang sedang menilai pesaing dan betina yang mungkin sedang mencari pasangan menurut hasil survei yang disiarkan Rabu (15/3).

Dalam studi yang hasilnya terbit di Journal of Experimental Biology, para peneliti di Texas A&M University memasangi merak jantan dan betina dengan penutup kepala yang melacak gerakan mata mereka dan memantau apa yang ditatap burung-burung itu ketika mereka melihat anggota kelompok mereka.

"Kami mendapati mereka kebanyakan melihat ke bagian lebih rendah dari bulu masing-masing, serupa dengan cara merak betina menilai pejantan sebagai pasangan kawin," kata Jessica Yorzinski, assistant professor di Texas A&M University yang mengkhususnya diri di bidang biologi evolusioner.

Menurut studi itu, merak jantan menghabiskan sepertiga waktunya menatap tampilan bulu pesaing mereka.

"Mereka mengalokasikan kurang dari lima persen waktu mereka selama periode sampling kami untuk menatap merak betina" menurut studi itu.

Baik merak jantan maupun betina kebanyakan melihat bagian bawah dari tampilan bulu, sepertinya menilai lebar rentetan, yang secara positif berkorelasi dengan panjang deretan bulu menurut hasil studi.

Yorzinski mengatakan penelitian sebelumnya menunjukkan burung jantan dengan deretan bulu lebih panjang lebih berhasil membangun wilayah dan mendapat pasangan.

"Penelitian ini memberikan dukungan lebih lanjut bahwa dengan pamer burung-burung melihat sifat-sifat itu dan menilai panjang dan lebar dengan bolak balik memindai bagian bawah deretan bulu," katanya dalam wawancara lewat telepon.

Yorzinski menambahkan bahwa satu dari bagian tersulit dalam riset itu adalah berusaha memasang helm kecil dengan monitor pelacak gerak mata ke burung, demikian menurut warta kantor berita Reuters.

Editor: Admin Antarakalbar

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0332 seconds memory usage: 0.35 MB