Peralatan Untuk LTSP TKI Tiba Di Sambas

id TKI, sambas
Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenga Kerja RI saat ini telah mendatangkan sejumlah peralatan dalam mendukung Pembentukan Lembaga Terpadu Satu Pintu (LTSP) TKI yang akan segera dibentuk di Sambas.

"Peralatan yang didatangkan untuk LTSP TKI sudah tiba. Meskipun peralatannya belum lengkap seluruhnya," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Sambas, Agus Supardan saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Agus menjelaskan lantaran saat ini gedung atau prasarana LPSP TKI belum mendukung sehingga peralatan tersebut dititipkan di dua instansi terkait.

"Untuk bantuan alat keimigrasian dititipkan di kantor Imigrasi Sambas. Sedangkan untuk Peralatan Capil dititipkan di Kantor P4TKI," paparnya.

Menurutnya terkait peralatan dan perlengkapan yang lainnya, Agus memperkirakan tiba dalam waktu dekat.

Sementara untuk persiapan pembentukan LTSP TKI di Sambas lanjutnya saat ini sedang diusahakan. Termasuk juga tenaga yang akan ditugaskan di lembaga tersebut.

"Sekitar 13 tenaga yang diperlukan untuk mengisi lembaga tersebut yang semuanya berasal dari PNS di lingkungan Pemkab Sambas," katanya.

Ia menambahkan untuk tenaga SDM tersebut yakni tiga orang dari Dinsosnakertrans, 3 orang dari Disdukcapil serta tujuh orang lainya dari lingkungan Pemkab Sambas lainnya.

"Semua SDM di LTSP TKI dalam pemilihannya melalui seleksi yang langsung ditangani Imigrasi karena selanjutnya akan menjadi pegawai Imigrasi," paparnya.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa hadirnya LTSP TKI diharapkan untuk mencegah pengiriman tenaga kerja ke luar negeri secara ilegal.

"Semoga dengan sudah adanya LTSP TKI, pekerja ilegal dari Sambas dapat ditekan," harapnya.


(U.KR-DDI/N005)

Editor: Andilala

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0159 seconds memory usage: 0.34 MB